Mereka Berkelana MEMBURU ILMU HADITS

Sabtu, 16 Januari 2010

Para ulama zaman dulu rela menghabiskan waktu, harta, tenaga dan pikirannya untuk menuntut ilmu dan meninggalkan banyak kesenangan duniawi. Untuk apa? Untuk MEMBURU ILMU!

Mengapa mereka BEGITU DAHSYAT dalam MEMBURU ILMU? Tentu mereka punya alasan kuat dan tekad yang amat kuat, dan cita-cita yang teramat tinggi. Mereka telah menjadikan keinginan-keinginan (cita-citanya) menjadi satu saja, yaitu keinginan perihal akhiratnya.
Ingin tahu alasan yang lain? Baca kutaeb ini!

Di dalam kutaeb sarat motivasi bagi para pencari ilmu sejati ini disertai pula bahasan mengenai betapa sabarnya para ulama menjelajahi bumi untuk menuntut ilmu, terutama ilmu hadits. Jika mereka berada di suatu kota, maka tidak akan dibiarkan ilmu di kota itu kecuali telah dikuasainya. Masih belum puas, mereka pergi ke kota atau negeri lain dan tidak membiarkan ilmu di kota atau negeri itu kecuali mereka telah menguasainya. Demikian seterusnya..

Diceritakan pula kebiasaan dahsyat para ulama dalam menuntut ilmu, yaitu mengkaji ilmu semalam suntuk. Ada ulama yang menyediakan tempat khusus yang besar di rumah untuk mengundang para sahabat-sahabatnya untuk asyik berdiskusi semalaman tanpa lelah. Di antara mereka ada yang tertidur, ada pula yang masih tetap antusias hingga pagi.

Kutaeb ini memang amat menarik. Di sini kita akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut :
- Tahukah Anda bagaimana DAHSYATNYA Ibnul Jauzi dalam BERTHOLABUL 'ILMI? Mengapa namanya begitu semerbak wangi? Apa yang beliau lakukan selama hidupnya?
- Para ulama zaman dulu amat giat menuntu ilmu, lalu KAPAN MENIKAHNYA?
- Benarkah ILMU MEMBIKIN MISKIN?
- Tahukah anda kisah 4 ulama yang kelaparan saat thalabul 'ilmi dan bagaimana Allah menolong mereka?
- Bagaimana cara MEMUNCULKAN SEMANGAT MEMBARA dalam menuntut ilmu?


Apakah Anda ingin memiliki SEMANGAT yang MEMBARA dalam MENUNTUT ILMU?
Apakah Anda ingin semakin MEMPERKAYA DIRI dengan ILMU?
Simak dan Resapi baik-baik kutaeb "Mereka Berkelana MEMBURU ILMU HADITS"!


***Artikel Terkait***
Mengapa Kita Menuntut Ilmu?

2 komentar:

heru dari delanggu mengatakan...

ajari donk biar ky mrk

P W M mengatakan...

Bismillah...
Untuk menjadi orang yang sangat mencintai ilmu maka kita perlu banyak bergaul dengan orang-orang yang amat mencintai ilmu pula. Temukan mereka di majlis-majlis ta'lim, baca biografi para ulama yang amat antusias dan amat sabar dalam mencari ilmu.

Praktekkan rumus : BACA, BACA, dan BACA.
KUNCI ILMU = TAQWA.

Barokallahu fiikum..
Wassalam..

Alhamdulillah

Alhamdulillah
PWM hadir di Etalase voa-islam

Taushiyah PWM

Rasululloh bersabda: "Tidaklah seorang hamba menutupi (aib) hamba yg lain di dunia, kecuali Alloh akan menutupi (aib)nya kelak di hari kiamat." HR.Muslim 6760

Kategori

Distro PWM CENTER

Distro PWM CENTER
Santri-Santri Dahsyat

Distro ANAMUSLIM

Distro ANAMUSLIM
JIHAD is My Spirit