TANYA JAWAB Seputar KHUTBAH

Minggu, 07 Februari 2010

***
Fenomena munculnya para khatib yang tidak memahami dinul Islam secara benar telah dikhabarkan oleh Nabi saw jauh hari di saat beliau masih bersama para sahabatnya dulu:

Sesungguhnya Alloh tidak mencabut ilmu itu dengan sekali cabut dari para hamba-Nya, tetapi Dia mencabut ilmu dengan cara mewafatkan para ulama. Hingga ketika Alloh sudah tidak menyisakan lagi seorang ulama pun maka manusia menjadikan orang-orang bodoh sebagai pemimpin mereka. Lalu mereka ditanya orang, maka memberi fatwa tanpa dasar ilmu, sehingga mereka pun menyesatkan di samping juga sesat sendiri.” Muttafaqun 'alaih.

Benar sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam, saat ini banyak orang tak berilmu diangkat sebagai khatib sehingga dia menyampaikan khutbah tanpa didasari ilmu yang benar, sehingga khutbahnya bersifat SESAT dan MENYESATKAN, dan berakibat fatal yaitu kebodohan dan kesesatan tersebar di tengah-tengah umat secara pesat. Ulama` ditinggalkan bahkan dijebloskan ke dalam penjara, sementara orang-orang tolol dimanjakan dan dijadikan rujukan. Allâhul Musta'ân.

Sungguh bijak Umar ra saat beliau menasihatkan: "Belajarlah sebelum kalian dijadikan pemuka." Sebab saat telah jadi pemuka maka tentu tersibukkan dengan urusan rakyatnya sehingga tidak mendapatkan kesempatan untuk memperdalam agama. Padahal saat itu dia telah menjadi rujukan banyak orang.

Pada Kutaeb "Tanya Jawab Seputar Khutbah" ini anda akan diajak mengetahui beberapa permasalahan dalam khutbah melaui hadits-hadits Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Selain itu, diuraikan pula beberapa sunnah dalam khutbah yang selama ini ditinggalkan. Isi kutaeb ini antara lain :

- Apakah Disunnahkan Tasyahud Sebelum Khutbah?

- Disunnahkankah Mengucapkan Salam Sebelum Khutbah?

- Apa Materi Khutbah Terbaik?

- Bolehkah Menyampaikan Hadits Palsu dengan Niat Baik?

- Mana Lebih Baik, Khutbah Ringkas Atau Panjang?

- Bagaimana Adab Khatib Berdoa di Depan Umum?

- Bagaimanakah Sikap Khatib saat Disediakan Minuman?

- Khutbah Jum'at diakhiri dengan Ayat Khusus?

- Khutbah Ied Dijadikan Satu Kali Atau Dua Kali?

- Bolehkah Khatib Menerima Hadiah Untuk Khutbahnya?




Apakah Anda ingin tahu permasalahan dalam khutbah dan solusinya?
Apakah anda ingin lebih berhati-hati dalam menyampaikan khutbah?
Apakah Anda ingin menghidupkan sunnah-sunnah dalam khutbah?

Bacalah kutaeb PWM "Tanya Jawab Seputar Khutbah"!
- www.maktabah-albani.blogspot.com-

***Kutaeb Terkait***
Jangan Sampaikan Hadits Dha'if & Palsu di atas Mimbar Jum'at

1 komentar:

Ouphy mengatakan...

Al hamdulillah selamat makatabah Al-bani telah membuat blog. saya minta tolong dikirimi file rekaman kajian hari Ahad sore 21 Maret 2010 ke email saya (kalo didkumentasikan ke file Mp3/wav) emouflyh@gmail.com. jaza kumullahu khairan

Alhamdulillah

Alhamdulillah
PWM hadir di Etalase voa-islam

Taushiyah PWM

Rasululloh bersabda: "Tidaklah seorang hamba menutupi (aib) hamba yg lain di dunia, kecuali Alloh akan menutupi (aib)nya kelak di hari kiamat." HR.Muslim 6760

Kategori

Distro PWM CENTER

Distro PWM CENTER
Santri-Santri Dahsyat

Distro ANAMUSLIM

Distro ANAMUSLIM
JIHAD is My Spirit